Skip to main content

Jenis kutu anjing dan tips untuk melawan

Jenis parasit pada anjing adalah Flea, Ticks dan Mites. Mereka adalah parasit eksternal yang menyedot darah anjing Anda. Selain mengambil setetes darah setiap kali mereka makan, mereka juga dapat menularkan beberapa penyakit yang cukup serius dan dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada anjing kita. Seekor anjing penuh dengan kutu akan menggores dan mengunyah sampai kulitnya hingga bisa terjadi infeksi sekunder. Pengendalian hama ini sangat penting untuk kesehatan anjing anda.



Flea
Flea sangat kecil, serangga yang berbentuk bulan sabit. Mereka memiliki sisi datar sehingga mereka dapat bergerak melalui bulu hewan dengan mudah. Mereka memiliki kepala kecil dan perut besar. Flea adalah hospes perantara untuk cacing pita dan dapat menyebabkan anemia karena kehilangan darah, terutama pada anak anjing kecil atau anjing tua. FLea akan menyedot darah anjing Anda dan kemudian pergi. Mereka biasanya berkeliaran di lingkungan dimana anjing anda berada (tempat tidurnya), rumah atau halaman, atau di karpet Anda.

Produk baru yang diperkenalkan dalam dekade terakhir membuat kontrol Flea (kutu) jauh lebih mudah. Beberapa dari produk ini membunuh Flea (kutu) dewasa (hanya kutu dewasa yang menggigit), sementara ada juga produk yang mencegah pertumbuhan Flea (kutu) menjadi dewasa. Beberapa produk yang lebih baru melakukan keduanya. Jika anjing Anda tedapat Flea (kutu), ada tiga pendekatan untuk mengatasinya:

  • Pada anjing Anda: Bicaralah dengan dokter hewan Anda tentang resep untuk produk sistemik seperti Program atau Sentinel. Seperti ketika Flea (kutu) menggigit anjing Anda, darah yang dihisap mengandung  zat pengontrol kutu.
  • Di rumah: Semprot karpet, tempat tidur anjing, dan celah-celah dengan pengatur pertumbuhan serangga dan bahan yang instant untuk membunuh serangga dalam ruangan. Pastikan Anda membaca dan ikuti petunjuk.
  • Di halaman: Gunakan spray dirancang untuk penggunaan outdoor yang berisi pengatur pertumbuhan serangga.

Hati-hati, jangan  gunakan produk sistematic dengan menyemprotkan pada bulu anjing, karena dapat berbahaya bagi hewan. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter hewan Anda.


Ticks
Kutu berkaki delapan adalah serangga yang membenamkan kepala mereka di kulit anjing untuk mendapatkan makanan. Mereka akan tinggal di anjing sampai kenyang, dan tetap tinggal disana sambil berkembang biak. Seperti Flea, Ticks dapat menyebabkan penyakit pada anjing dan manusia. Yang paling mematikan saat ini adalah penyakit Lyme, mintalah saran dokter hewan Anda apakah penyakit Lyme lazim di wilayah Anda.

Beberapa produk sistemik kontrol untuk Flea diiklankan efektif juga dalam membunuh Ticks, namun,  tidak ada yang lebih efektif daripada dengan melakukan pemeriksaan sehari-hari. Jika Anda memijat anjing Anda setiap hari, Anda bisa merasakannya terdapat benjolan pada kulit anjing anda. Atau dengan memerikasa  tempat persembunyian favorit, yang meliputi "ketiak", wilayah kaki, di dalam dan sekitar telinga, leher, dan bawah dan di sekitar pangkal ekor. Bila Anda menemukan Ticks, gunakan pinset atau tang untuk ambil kutu dan perlahan-lahan menariknya langsung dari kulit.

Memutar dapat mematahkan kepala, dan meninggalkannya di kulit. Pastikan bahwa tidak ada kepala yang tertinggal di kulit. Karena hal ini dapat menyebabkan infeksi. Tempatkan beberapa salep antibiotik pada luka. Bakar Ticks atau masukan dalam alkohol atau minyak tanah untuk membunuhnya. Jangan menyiram ke toilet, karena mereka akan tetap hidup.


Mites (Tungau)
Tungau ada dimana-mana dan tidak terlihat mata. Biarpun kita bersih dan rapi, tetap ada kemungkinan terserang tungau kapan saja. Anjing memiliki tungau mereka sendiri, meskipun kita tidak dapat melihat mereka. Ada dua jenis tungau ditemukan pada anjing: demodetic dan sarcoptic.

Tungau Demodectic ada pada anjing sepanjang waktu dan biasanya tidak menyebabkan masalah. Tapi terkadang, ketika anjing berada di bawah stres atau dalam pubertas, tungau akan menyerang. Akan timbul botak kecil, biasanya muncul di wajah dahulu, dan kemudian menyebar. Botak kecil tersebut jarang gatal, dan anjing tidak tampak terganggu sama sekali. Namun untuk anjing yang sudah tua, hal ini dapat menyebabkan kudis. Bila Anda menemukan botak kecil, cobalah untuk menghubungi dokter hewan, bila tidak berpengalaman, jangan mencoba untuk mengobati demodex sendiri. Tungau Demodectic tidak hidup pada orang.

Tungau sarcoptic menyebabkan gatal parah, dan anjing akan menggaruk terus menerus, bahkan sampai berdarah. Seperti kudis demodectic, masalah ini memerlukan perawatan dokter hewan. Kudis yang disebabkan Sarcoptic dapat menular ke hewan peliharaan lain dan orang.

Bila Anda sudah cukup berpengalaman, sebenarnya membunuh Tungau cukup mudah. Anda dapat menggunakan cara:

  • Cara tetes, menggunakan Amitraz
  • pour-on miticides (alkohol berdasarkan Ivomec)
  • atau produk oral (Milbemycin - Interceptor)

Kondisi ini juga mungkin perlu diobati dengan antibiotik untuk infeksi bakteri sekunder dan kortikosteroid untuk mengurangi gatal yang intens dan peradangan.

Comments

  1. Sy perlukan pertolongan...anjing sy Ada 3 ekor..badan anjing sy dipenuhi Oleh ticks...sy suda guna bnyk cra...tetapi tidak juga berkurangan...Bantu sy...

    ReplyDelete
  2. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Golden Retriever

Golden Retriever adalah anjing trah yang mulanya dibiakkan sebagai anjing pemburu untuk mengambil burung hasil buruan yang sudah ditembak. Anjing trah ini termasuk jenis Retriever (pengambil) yang menemukan atau mengambilkan burung air atau unggas liar untuk pemburu. Bulu mereka keemasan (golden) di bawah sinar matahari sehingga disebut Golden Retriever. Mereka dibiakkan sebagai anjing yang secara intuisi menyenangi air. Sewaktu mengambil hewan buruan, mereka tidak menggigit secara kasar. Burung hasil buruan diberikan kepada pemburu dalam keadaan utuh dan tidak rusak. Kecerdasan dan kepandaian yang beraneka ragam menjadikan Golden Retriever sebagai anjing multiguna. Di antaranya, mereka dipekerjakan sebagai anjing pelacak narkoba, anjing penyelamat (Search and Rescue), anjing pemburu, dan anjing penuntun. Sifatnya yang bersahabat, sabar, dan selalu ingin menyenangkan hati pemiliknya, menjadikan Golden Retriever sebagai salah satu anjing keluarga yang paling populer di dunia (menurut st

Petshop Bandung

Paskal Pet Shop Giant - Jl. Dr. Djundjunan No. 126 – 128 Telp : 022-2021318 Pet &Co Parijs Van Java - UG A-01.Jl. Sukajadi 137-139 Telp : 022-82063610 Petra Pet Centre Jl. Peta , Ruko Kopo Plaza Blok C/7. Telp : 022-641304 Plaza Petshop Jl. Pasir Kaliki no. 76.Telp : 022-70291999, 4234042 Ramdhan Pet Shop Jl. Moh. Ramdhan No. 15 Telp : 022-5211030 Rumah Tam-Tam Petshop JL. Bengawan No.43 ,Telp : 022-7103896 Sentrasari Petshop Komp. Sentra Sari Mall 132 I ( BI-27 ).Telp : 022-216077, 2017158 Sugiyono Pet shop Komp. Taman Cibaduyut Indah BI G/67.Telp : 022-5423189 Thyta Pet Boutique & Grooming Istana Plaza LG – E10 (dekat ATM Galeri): 022-6046712 Von Liphier Kennel Jl. Caringin 172. Bandung 40223 Telp : 022-70705105  http://www.von-liphier-dobermann.com/dog_food.php Zoom Pet Shop   Jl Cikapayang No 7 Dago,  Jl Golf Barat Raya No 23-Arcamanik,  Telp : 022-7208610, 70300345 Petshop n’ Grooming Jl. Surya Sumantri No.15 Sukawarna Telp : 022-2014718 431 Petsh